Rabu, 02 September 2015

Taman Hiburan SENGKAING


Taman hiburan ini terletak di kabupaten Malang, tepatnya di Jalan Raya Mulyo Agung No 188, Kecamatan Dau. Tempat wisata ini sangat nyaman dan asri karena dikelilingi taman yang ditumbuhi pepohonan rindang ditambah dengan cuaca kota Malang yang sejuk.
Taman Rekreasi Sengkaling pertama kali didirikan pada tahun 1950 oleh seorang warga Belanda bernama Mr. Coolman. Tahun 1975 sampai awal Mei 2013, pengelolaan Taman Rekreasi Sengkaling diambil alih oleh PT. Bentoel Group. Pada awal beroperasinya, taman ini hanya diperuntukkan bagi karyawan PT. Bentoel hingga pada akhirnya dibuka untuk umum. Sejak bulan Mei 2013 lalu, Sengkaling diambil alih pengelolaannya oleh Universitas Muhammadiyah Malang (UMM). Rencananya ke depan Taman Rekreasi Sengkaling akan dilengkapi dengan laboratorium dan hotel.
Konsep dasar Taman Rekreasi Sengkaling adalah sebagai tempat wisata keluarga yang bernuansa alam dan menonjolkan air sebagai fungsi utamanya. Salah satu yang menarik dari tempat wisata ini adalah airnya yang berasal dari sumber alami pegunungan. Konon, salah satu sumber yang ada yaitu Kolam Tirta Alam, dipercaya bisa membuat orang awet muda. Sampai saat inipun masih banyak masyarakat yang mempercayainya.
Taman rekreasi ini tidak pernah sepi pengunjung, khususnya saat akhir pekan atau hari libur. Biasanya pada hari-hari besar atau liburan panjang Taman Rekreasi Sengkaling menghadirkan pertunjukan musik. Objek wisata ini buka setiap hari dengan jam operasional mulai pukul 06.00 hingga pukul 17.00 WIB. Khusus hari Sabtu, Minggu dan Hari Besar beroperasi pukul 06.00 – 20.00 WIB.
Wahana yang terdapat di Taman Rekreasi Sengkaling yaiitu:
a.      Wahana Kolam Renang,  Kolom kapal,   Misteri kolam,  Kolam Pesona Tirta Sari, Kolam Cumi-Cumi, Wahana permainan, Pesona Primitif, Bumper Boat, Perahu Motor, Sepeda Air, Gokart, Flying Fox, Wahana Ikan,  Kapal Misteri,  Kiddy Ride,  Don-Don Car,  ATV,  Kiddy Train, Boom Boom Car,  Marry go round, Kiddy carTrampolin,Kincir angin, Mini trail

Harga tiket yang ditawarkan Taman Rekreasi Sengkaling adalah sebagai berikut
Tiket biasa : 15.000 rupiah
Tiket  terusan Phinisi : 30.000 rupiah untuk dewasa
Tiket  terusan Kano : 25.000 rupiah  untuk anak-anak

Selain wahana yang lengkap, lokasi wisata ini juga ditunjang dengan aula Bougenville Room yang dapat digunakan untuk berbagai acara, restoran Palm yang menyediakan aneka macam kuliner khas Malang dan area parkir yang luas.

Untuk menuju ke objek wisata yang letaknya dekat dengan kampus 3 Universitas Muhammadiyah Malang (Unmuh) ini, kita dapat menggunakan angkutan umum seperti angkutan kota, mikrolet atau taksi. Malahan orang terkadang justru melewatkannya atau tidak menyadari karena letaknya yang persis di pinggir jalan raya Malang – Kota Batu.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar